Sabtu, 17 Maret 2012

Mengenal Hewan Antartika dan Arktik

   Di daerah bersalju seperti Kutub Utara dan Kutub Selatan, tidak hanya hewan yang hidup disana, karena, tanaman yang mereka butuhkan untuk makan sehari-hari banyak diselimuti oleh salju. Hanya sedikit hewan yang dapat bertahan hidup disana. Berikut hewan yang berada di Antartika dan Antartika:

A. Pinguin Adelia
   Pinguin Adelia merupakan spesies Pinguin asli dari Benua Antartika dan paling banyak dikenal oleh para peneliti dan para pengunjung yang datang ke benua ini. Tingginya antara 60 sampai 75 cm dengan berat badan sekitar 3-6 kg. Bagian belakang dan bagian atas kepalanya tertutup dengan bulu hitam dan kebiru-biruan, sedangkan bagian dadanya tertutup dgn bulu putih mulus. Pinguin Adelia dapat menyelam dibawah gumpalan es sampai sedalam 4 m dan dapat melompat kembali keatas gumpalan es terapung setinggi 2 m dari air. Pada saat menuruni pantai , maka sayapnya akan dibentangkan untuk menjaga keseimbangan. Hewan ini mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan tidak takut dengan kehadiran manusia, sebab baginya musuh utamanya adalah burung camar laut yang suka memekan telur dan anak-anaknya. Selain itu musuh Pinguin Adelia adalah anjing laut dan ikan paus pembunuh yang menyerang Pinguin Adelia pada saat berada di air. Pada saat musim dingin, pinguin ini akan mencari makan di tepi luar balok balok es dan akan kembali naik ke gumpalan-gumpalan es yang terap[ung untuk kembali ketempat bertelurnya. Pinguin Adelia akan membangun sarang di pantai berkerikil tempat mereka berkembang biak, yaitu dengan cara mengorek lubang dengan kaki-kakinya yang berselaput dan kemudian memagari lubang tersebut dengan lingkaran kerikil.

B. Burung Tern
 Burung Tern adalah burung dari arktik yang melakukan perjalanan keliling tahunan dengan penerbangan migrasi sejauh 35.000 km. Penerbanangan migrasi ini terjauh diantar penerbangan dari bangsa burung manapun . Bunrung ini membuat sarang secara berkoloni . Beberapa jenis burung ini membangun sarang dari rumput laut dan belukar.






C.Burung Ptarmigan 
 Banyak hewan di arktik mempunyai bulu yang berbeda pada saat musim yang berbeda. Pada saat musim dingin burung ptarmigan berbulu putih sehingga sulit terlihat dilingkungan yang bersalju. Sedangkan pada saat musim panas ia menumbuhkan bulu bulu coklat atau abu abu untuk membaur dengan karang, tanah, dan tumuhan sehingga dapat digunakan sbg senjata untuk menghindari musuh atau pemangsa.
Terdapat banyak jenis burung ptarmigan yg merupakan burung asli misalnya:
- Lagopus Rupestris terdapat di Greenland
- Lagopus hemileaurus terdapat di Pulau Kutub Spitsbergen 
-Lgopus Lucurus terdapat dikarang kanada dan Barisan Gunung Amerika Serikat


D. Kelinci Sepatu Salju
Kelinci atau terwelu termasuk bangsa Lagomorpia yang mempunyai kaki belakang lebih panjang dan kuat dari pada kaki depannya. Kaki belakannya memungkinkannya berlari dengan kecepatan 70 km/jam. Kelinci ini termasuk herbivora murni, karena selama musim panas makanannya adalah rumput, tumbuh tumbuhan lainnya. Pada saat musim dingin mereka makan biji-bijian, perdu kering, ranting dan kulit pohon. Hewan ini mengeluarkan makanan yang sudah dicerna bersama kotorannya (makanan inbi bisa disebut gintil lambung), kemudian gintil lambung ini dimakan lagi, dicerna untuk kedua kali dan vitamin-vitamin yang penting akan diserap.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar